Indonesia hotel supplies

admin
Feb 02 2020
5.268 VIEWS

Seperti yang kita ketahui, peusahaan apapun pasti melakukan upaya pencegahan kerugian dan kerusakan terhadap aset – aset perusahaan. Tidak terkecuali di Hotel atau Restaurant yang pastinya lebih rentan terhadap kerusakan barang – barang.

Banyak orang yang menganggap remeh Loss & Breakage Prevention ini, mereka tidak sadar bahwa biaya yang ditimbulkan bahkan sangat besar. Biasanya Loss & Breakage pada hotel atau restaurant baru mencapai angka 30 %. Tapi, bahkan tips tata graha hotel yang paling bijaksana pun tidak bisa menjaga semua barang – barang Anda yang halus dan bagus terhindar dari kerusakan, tetapi ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil.

Berikut kami akan memberikan tips untuk Anda dalam dalam menangani Loss & Breakage :

1. Training

Dikarenakan banyak pihak Hotel atau Restauran yang menyepelekan masalah Loss & Breakage ini, mereka juga mengesampingkan masalah Training atau Pelatihan.

Training ini seharusnya dilakukan 1 sampai 2 bulan sebelum Opening sebuah Hotel atau Restauran. Training ini sangat penting dilakukan agar para staff bisa terbiasa bekerja dengan barang – barang langsung atau bisa kita katakan praktek dengan alat praga langsung. Nah karena masalah ini sangat penting untuk menyediakan peralatan FFnE yang diperlukan. Kami sarankan untuk melakukan pembelian FFnE 4-5 bulan sebelum opening. Jadi mereka bisa lebih terbiasa dengan barang – barang hotel dan bisa mengurangi dampak rusaknya barang – barang tersebut. Ditambah lagi biaya Training ini lebih hemat daripada pihak Hotel atau Restauran harus membayar kerugian 30% yang diakibatkan Loss & Breakage setelah Hotel Opening dan pihak Hotel atau Restauran tidak melakukan Training terlebih dahulu.

2. Barang – barang FnB

Diantara barang – barang FnB yang paling sering rusak dan hilang adalah piring dan Cutleries. Kita akan bahas satu persatu tips mengenai piring dan cutleries.

• Cutleries

Cutleries merupakan barang yang paling sering hilang di dalam sebuah Hotel atau Restauran. Entah itu di sebabkan oleh factor kelalaian pekerjanya maupun faktor – faktor lainnya. Nah ada beberapa tips yang bisa kami berikan sebagai penanganan Loss & Breakage prevention untuk cutleries :

- Metal Detector
Dengan menggunakan metal detector ini bisa menghindari resiko cutleries hilang. Kita bisa menggunakan metal detector jika hendak membersihkan tempat sampah, karena sering kali dalam beberapa kasus cutleries ikut terbuang ke tempat sampah. Dengan Metal detector pastinya kita bisa menangani masalah tersebut.



- Dish Washing Rack Khusus Cutleries
Nah dengan teknologi yang semakin canggih pastinya kita juga harus ikutan canggih dong! Dish Washing Rack khusus cutleries ini adalah alat yang bisa digunakan untuk mencuci cutleries dengan mudah. Alat ini mencegah cutleries tercecer dan membuatnya lebih ter organize. Dan kamu bisa mendapatkan alat yang keren dan bermanfaat ini di STC Indonesia. Anda bisa menemukannya disini https://www.stcindonesia.com/category/kitchen/warewashing/83

• Piring

Piring juga merupakan barang yang paling rawan untuk rusak atau hilang selain cutleries. Berikut kami berikan tips menanganinya :



- Safety Boot
Safety first. Yup! Pertama – tama kita harus memastikan pekerja atau orang yang menangani piring – piring ini memakai sepatu yang aman agar terhindar dari lantai yang licin sehingga lebih aman jika membawa piringnya.



- Dish Washing Rack
Nah untuk mempermudah membersihkan piring – piring apalagi dalam jumlah yang banyak sudah wajib menggunakan dish washing rack! Selain mempermudah, dish washing rack sendiri juga dibuat untuk mengurangi resiko kerusakan yang tinggi pada piring saat piring di bersihkan. STC juga menyediakan alat yang satu ini! Anda bisa menemukannya disini https://www.stcindonesia.com/category/kitchen/warewashing/83



- Trolley (Plate/Food Service Trolley)
Nah benda yang satu ini adalah salah satu barang paling keren yang wajib anda punya dalam hotel ataupun restoran anda. Salah satu alat yang sangat mampu mengurangi resiko rusaknya piring. Food service trolley ini mampu memuat ratusan piring sekaligus dalam sekali angkut. Yap! Keren banget kan? Dan produk yang keren ini, STC juga menyediakannya loh!

3. Linen

Salah satu yang harus juga diperhatikan dan rawan dalam penanganan loss & breakage selanjutnya adalah linen. Namun tenang, kami punya tipsnya untuk anda :

- Perhatikan saat melaundry
Jika hotel anda memakai jasa laundry diluar hotel untuk mencuci linen anda, pilihan yang tepat dan penting adalah untuk memilih opsi timbangan daripada menghitung laundry per pieces. Hal ini untuk mengurangi hilangnya unit laundry. Kasus biasa yang terjadi adalah karena terlalu banyaknya pieces linen yang di laundrykan bisa jadi terjadi kesalahan hitung sehingga membuat produk kita hilang, tetapi kalau kita menggunakan timbangan sudah pasti timbangannya akan akurat.

- Teknologi RFID
Teknologi ini masih menjadi hal yang baru di Indonesia. Kebanyakan masyarakat Indonesia belum banyak memahami kalau teknologi yang saat ini digunakan pada pintu kamar hotel ini juga bisa diterapkan pada linen. Dengan teknologi ini memungkinkan kita bisa melacak umur linen tersebut juga kita bisa mengetahui jumlahnya di storage tanpa harus kita hitung satu per satu.

4. Double Swing Door

Menggunakan 2 pintu, 1 pintu masuk dan 1 pintu keluar juga merupakan salah satu tips untuk menangani loss and breakage. Menggunakan pintu jenis ini bisa menjadi solusi karena pasti banyak pekerja yang bekerja di ruangan dan pintu jenis ini memudahkan untuk keluar – masuknya pekerja. Bayangkan jika menggunakan pintu tunggal dan pekerja sedang keluar membawa piring ataupun produk lain dan disaat yang bersamaan ada juga pekerja yang ingin masuk. Pastinya bakal repot, jadi penggunaan pintu jenis ini sangat efektif dan efesien juga untuk restaurant ataupun hotel anda. 5. Regular Inventory Audit

Nah setelah tips – tips diatas diterapkan, yang terakhir dan juga sangat penting adalah melakukan pengauditan terhadap barang – barang inventory kita. Sehingga kita jadi mengetahui jumlah pasti inventory kita lalu jika ada masalah kita mengambil langkah untuk mengatasinya

Oke sekian dulu tips dari kami untuk penanganan Loss & Breakage. Namun, sebagus apapun kita menangani loss & Breakage, kerusakan suatu produk itu pasti terjadi, yang bisa kita lakukan hanyalah mengurangi resikonya menjadi sekecil mungkin saja. Dan saat Loss & Breakage ini terjadi pada hotel ataupun restaurant anda jangan panic karena kami punya 1 tips ampuh lagi. STC Indonesia! Ya! Kami menyediakan barang – barang yang anda perlukan untuk kebutuhan hotel ataupun restaurant anda.